Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Percobaan Sederhana Fisika yang Menyenangkan


1.       Pecobaan Aliran Udara

a.       Apakah tiupan udara akan selalu membuat benda melengkung membesar? Ternyata  tidak juga. Coba kamu lakukan percobaan ini???

b.      Alat dan Bahan
·         Dua buku yang sama besar atau banda lain yang berukuran sama
·         Selembar kertas
·         Sedotan

c.       Prosedur Percobaan
Letakkanlah selembar kertas diantara dua buah buku, sehingga menyerupai sebuah  jembatan. Pastikan bentuk kertasnya tidak melengkung. Kemudian, dengan menggunakan  sedotan, tiuplah bagian bawah kertas yang berada diantara dua buku. Perhatikanlah apa yang  terjadi dengan kertasnya.

d.      Pembahasan
Ketika kamu meniup di bagian bawah kertas, kamu akan melihat kertas akan melengkung kedalam mendekati sedotan. Tidak terbang atau tertiup keluar.  Ketika kamu meniup, kamu membuat tekanan udara dibawah kertas menjadi lebih  kecil bila dibandingkan dengan tekanan udara diatas kertas. Sehingga tekanan udara diatas  kertas akan menekan kertas kebawah, dan bentuk kertas akan melengkung mendekati sedotan dan tidak terbang keatas.

2.       Bagaimana Interaksi Magnet terjadi

a.       Selama beratus tahun, kita mengetahui kegunaan magnet. Beberapa benda merespon gaya yang diberikan magnet, atau tertarik, namun ada yang tidak terpengaruh. Apa saja benda yang dapat dipengaruhi oleh magnet?

b.      Alat dan Bahan
·         Sebuah magnet batang
·         Paku payung (hati-hati, mintalah orang yang lebih tua untuk membantumu)
·         Sebuah pensil
·         Sebuah penghapus
·         Selembar kertas
·         Pisau (hati-hati, mintalah orang yang lebih tua untuk membantumu)
·         Kunci
·         Koin
·         Kain bekas
·         Sisir
·         Peralatan alumunium
·         Selembar pita kaset bekas

c.       Prosedur Percobaan
Sentuhkan magnet batangmu ke masing-masing benda. Benda apa saja yang tertarik dan menempel pada batang magnet? Benda apa saja yang tidak tertarik oleh magnet?
Catatlah hasilnya pada tabel dibawah dengan memberikan tanda dibawah tulisan ya untuk benda yang tertarik oleh magnet atau tidak untuk benda yang tidak tertarik oleh magnet. Tuliskan juga dari bahan apa benda-benda tersebut dibuat pada tabel bertuliskan bahan. Cobalah dengan benda lainnya!

d.      Pembahasan
Apakah kamu mendapati bahwa hanya benda yang berasal dari besi dan baja saja yang tertarik dengan magnet? Ternyata magnet juga menarik kobalt dan nikel.
Umumnya magnet terbuat dari besi dan baja, biasanya juga merupakan campuran dengan bahan lain seperti kobalt dan nikel. Tapi beberapa magnet terbuat dari plastik dan keramik yang dicampur dengan serbuk magnet.


3.       Percobaan Gaya Angkat Fluida

a.       Percaya atau tidak, kamu bisa membuat dua benda bermassa sama, terapung dan tenggelam masing-masing secara bersamaan. Jadi, ketika kamu meletakkan dua benda tersebut kedalam air, yang satu akan terapung, satu lagi tenggelam.

b.      Alat Dan Bahan
·         benda bermassa sama. Kamu bisa menggunakan 2 tumpukkan yang masing- masing berisi 5 keping logam 500 rupiah ataupun yang lain.
·         Dua lembar kertas karton berukuran 20x20 cm .
·         Dua lembar alumunium foil berukuran 20x20 cm.
·         Satu baskom besar berisi air.

c.        Prosedur Percobaan
Lapisilah masing-masing karton dengan alumunium foil. Lalu, ambil salah satunya  dan bentuklah menjadi sebuah wadah menyerupai box untuk membungkus kue tart (kita akan  menyebutnya menyerupai kapal-kapalan).
Letakkan 5 tumpuk koin di dalamnya.  Ambillah 5 tumpuk koin lainnya dan bungkuslah dengan karton yang belum  digunakan. Kamu bisa membungkusnya dengan berbagai cara. Lebih baik kamu bentuk
seperti gumpalan kertas biasa.
Letakkanlah keduanya diatas permukaan air secara bersamaan. Apa yang terjadi?

d.      Pembahasan
Koin yang berada didalam kapal-kapalan terapung. Sedangkan koin yang berada  didalam gumpalan kertas akan tenggelam. Hal ini terjadi karena air memiliki gaya angkat  yang sama pada tiap benda. Gaya tersebut berkerja sesuai luas permukaan bendanya itu  sendiri. Pada bentuk kapal-kapalan, bagian dasar kapal-kapalan memiliki luas permukaan  yang lebih besar daripada bentuk gumpalan  kertas biasa. Sehingga kapal-kapalan itu  menangkap gaya apung lebih banyak dan membuatnya bisa tetap ada di permukaan air meski membawa beban yang sama.
Hal ini juga menjelaskan kenapa kapal laut atau sekoci kecil bisa mengapung di permukaan air

4. Percobaan Grafitasi
a.      Kita telah mengetahui seorang fisikiawan abad 16 yaitu Galileo. Galileo pernah menjatuhkan dua benda berbeda bentuk dari atas menara  miring pisa dan keduanya jatuh bersamaan? Tapi pada percobaan kali ini, kita akan  menjatuhkan dua benda berbeda, dan keduanya jatuh tidak bersamaan. Koq bisa? Apa Galileo salah?
b.      Alat dan Bahan
·         Sebuah buku
·         Selembar kertas
c.       Prosedur percobaan
·         Memegang masing-masing kertas dan  buku pada kedua tangan kita. Kemudian berdiri tegak. Secara bersamaan kita jatuhkan kedua benda tersebut dari tangan kita. Bagaimana waktu jatuh dari kedua benda tersebut?
·         Meletakkan kertas diatas buku dan peganglah dengan erat. Kemudian jatuhkanlah secara tiba-tiba. Apa yang terjadi dengan jatuhnya kertas dan buku?
d.      Pembahasan
·         Ketika kita melakukan percobaan yang pertama, buku akan jatuh lebih dulu daripada kertas. Sebenarnya, gaya gravitasi menarik dua benda tersebut dengan gaya yang sama. Tapi jatuhnya kertas terhambat oleh gaya gesek udara. Buku juga mendapat gaya gesek yang sama, tapi berat dari si buku mampu mengurangi pengaruh gaya gesekan udara
·         Pada percobaan yang kedua, kedua benda jatuh bersamaan. Kertas yang berada diatas buku tidak lagi dipengaruhi oleh gaya gesek udara karena  dibantu oleh berat buku yang mengurangi gaya geseknya. Sehingga gravitasi akan menarik buku dan kertas dengan mudah sebagai satu sistem. Jadi Galileo tidak salah.

5. Percobaan Membuat Peralatan Game Sederhana
a.      Kali ini kita akan membuat game sederhana. Yaitu mencocokkan. Tentu sudah pernah melihat atau membayangkanya mungkin, Permainan dengan pertanyaan di sebelah kiri dan jawabannya di sebelah kanan. Kali ini, kita akan membuatnya dengan lebih menarik. Jika lampu menyala, berarti jawaban benar.
b.      Alat dan Bahan
·         Kabel secukupnya dan dengan panjang yang diperlukan
·         Baterai
·         Lampu kecil dan soketnya
·         Penjepit kertas secukupnya
·         Karton
·         Kertas
c.       Prosedur Percobaan
·         Memasang penjepit kertas pada sisi kiri dan kanan karton (Jumlahnya tergantung pada pertanyaan dan jawaban yang kita inginkan) seperti dalam gambar.
·         Membuat pertanyaan dan jawaban pada kertas, lebih baik tidak terlalu panjang.
·         Memasang lembar pertanyaan pada penjepit kertas di sebelah kiri, dan lembar jawaban di penjepit kertas sebelah kanan.
·         Dibelakang kartonnya, kita pasang kabel pada penjepit kertas yang menghubungkan penjepit kertas sebelah kiri dan kanan.
·         Memasang kancing baterai pada baterai, dan menghubungkan salah satu kabelnya pada soket lampu. Gunakan ujung-ujung kabel yang tidak terhubung untuk mencocokkan pertanyaan dan jawabannya. Jika benar, lampu akan menyala.




6. Pecobaan Api
a.      Mungkin kita pernah melihat pada suatu film ada adegan dimana terdapat bola api yang berterbangan. Atau kita pernah melihat ada satu kesenian budaya di Indonesia, dimana ada sekumpulan orang-orang yang bermain sepak bola api (sebenarnya itu bukan bola. Melainkan batok kelapa). Nah, disini kita akan coba membuat salah satunya. Bisa gak ya?
b.      Alat dan Bahan
·         Sebongkah gula batu berukuran sedang
·         Abu yang berasal dari pembakaran kertas
·         Korek api
·         Lilin
·         Wadah dari tutup kaleng atau sejenisnya
·         Tang untuk menjepit gula batu atau sejenisnya
c.       Prosedur Percobaan
·         Menjepit gula batu dengan menggunakan tang.
·         Membakar gula pada lilin yang sudah kita nyalakan. (Perhatikanlah apa gula batu tersebut terbakar?)
·         melumuri gula batu tersebut dengan abu kertas. Kemudian bakarlah pada lilin yang menyala. (Apakah gula batu tersebut terbakar?)
d.      Pembahasan
Pada saat kita membakar langsung gula batu tersebut, kita dapati gula batu tersebut tidak akan terbakar. Mungkin hanya kita melihat ada bekas hitam gosong. Tapi ketika kita lumuri dengan abu kertas, kemudian kita bakar, kita akan mendapati gula batunya dapat terbakar! Ini karena abu kertas yang menempel pada gula batu bersifat sebagai katalisator dalam proses pembakaran gula batu. Sehingga gula batu kini telah menjadi “gula api”.
Ingat, gunakan tang ya ketika membakar gula batunya!!!!

7. Percobaan Membakar Gelas Kertas
a.      Kita pernah melihat sebuah gelas kertas? Sesuai namanya, gelas kertas itu gelas yang terbuat dari kertas. Karena dari kertas, maka tentu saja dapat terbakar. Tapi, kita bisa membuat kertas ini tidak terbakar.
b.      Alat dan Bahan
·         Dua buah Gelas Kertas
·         Air 
·         Lilin
c.       Prosedur Percobaan
Mari kita mencoba membakar bagian dasar dari gelas kertas. Jika tidak ada, kita bisa menggunakan gelas plastik. Pastikan bahwa gelas tersebut dapat terbakar. Ingat, cobanya hanya dengan satu gelas saja ya.
Kemudian mengisi gelas lainnya kertas dengan air. Jika kita tidak menemukan gelas kertas, kamu bisa menggunakan gelas plastik. Nyalakanlah lilin yang sudah kamu siapkan. Dan letakkan gelas berisi air diatas lilin seperti kita sedang memasak air. Coba lihat apa yang terjadi dengan gelasnya?
d.      Pembahasan
Gelas yang berisi air tidak terbakar. Ini karena panas yang dihasilkan oleh api akan langasung diserap oleh air dan menahan gelas dari terbakar. Kamu hanya akan melihat ada bekas gosong pada bagian tempat api menyentuh dasar gelas. Yang berasal dari karbon hasil pembakaran.

Post a Comment for "Percobaan Sederhana Fisika yang Menyenangkan"